September 08, 2009

IMAM IBNU MALIK

Nama lengkap beliau adalah Jamaluddin Muhammad bin Abdillah bin Malik. Beliau dilahirkan dikota Jayyan Andalusia (Spanyol) pada Tahun 579 H. Sewaktu hijrah dari Andalusia ke Damaskus Syiria beliau pernah menimba ilmu kepada guru-guru besar diantaranya : Ibni Ya’is, Ibu Amr Ats tsabit bin Hiyar dan Ibnu Hajib. Beliau sendiri juga banyak memilki murid-murid yang terkenal diantaranya : Syaikh Imam Nawawi (ahli Fiqh), Abu Hayyan, Syaikh Ibnu ‘Aqil, Ibnu Nuhas, Ibnu Athor, Ibnu Hisyam, Ibnu Abil Fath dan putra beliau yang bernama Syaikh Baduddin.
Beliau adalah ulama yang menguasai segala bidang ilmu, Namun beliau lebih dikenal sebagai ahli nahwu Shorif. Beliau juga pernah menjadi rektor pada salah satu universitas di kota Damaskus.
Imam Ibnu Malik juga terkenal sebagai seorang zuhud, beliau tidak pernah satu kalipun mentelaah kitab dalam keadaan hadats seperti halnya yang dilakukan gurunya Ibnu Hajib.
Karya-karya beliau yang terkenal antara lain :
1. Nadzom Al-Fiyyah Ibnu Malik
2. Tashil Wasyarkhihi
3. Umdah Wa Syarhihi
4. Al-Kafiyah wa syarhihi
5. Lamiyyatul Affal wal’Alam bil Mutsalatsil Kalam
6. At-Tadlih fi I’robil Musykilat Minal Jam’is Sholihin

Sekelumit Kisah Sewaktu mengarang Al-Fiyyah
Kisah ini bermula sewaktu beliau tengah mengarang Al-Fiyyah dan sampai pada bait فا ئقة الضية ابن معظى beliau mengalami kemusykilan. Tidak mampu melanjutkan bait-bait alfiyyah yang tealh beliau susun dan beliau rencanakan sebelumnya. Bait-bait tersebut seakan hilang dan tidak berbekas tanpa adanya sebab-sebab yang beliau mengerti. Selang beberapa hari kemudian, beliau bermimpi bertemu dengan seseorang yang tidak dikenalnya yang berkata kepada belaiu : “Saya mendengar bahwa kamu telah mengarang kitab yang menerangkan ilmu nahwu, benarkah itu ?”
“Ya” jawab beliau, “sampai dimanakah kamu mengarang kitab tersebut ?”. beliau kemudian menjawab “ sampai lafadz فا ئقة الضية ابن معظى “mengapa kamu tidak melanjutkannya?”. “Sudah barang tentu saya ingin melanjutkan karangan tersebut” jawab beliu, “kalau kamu ingin sekali melanjutkan karangan itu, maka ketahuilah wahai Ibnu Malik bahwa seseorang yang masih hidup terkadang mampu mengalahkan seribu orang yang mati”. Mendengar jawaban ini beliau tersentak kagetdan sadar bahwa beliau telah mengunggulkan karangannya atas karangan kitab Al-Fiyyah Ibnu Mu’thi. Secara spontanitas beliau lalu bertanya kepada orang tersebut “Apakah kamu yang bernama Ibnu Mu’ty?”. Orang itu menganggukan kepala, dan ketika itu pula Ibnu Malik merasa malu, keesokan harinya beliau meralat lafadz فا ئقة الضية ابن معظىdengan bait :
وهو بسبق حا ئز تفضليلا # مستوجب ثناتي الجميلا
Denga sekelumit kish diatas kita bisa mengambil hikmah bhwa sehebat yang kita milki kita tidak perlu sombong dengan membanggakan diri sebagai yang terbaik dari yang lain.
Ibnu Malik wafat pada Malam Rabu Tanggal 12 Sya’ban 672 H pada usia 75 tahun. Semoga Allah SWT membalas jasa besar Imam Ibnu Malik yang mana Karya-karya beliau hingga saat ini masih kitas geluti bersama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........

Get paid To Promote at any Location