November 21, 2009

KHASIAT SERAI


Rekan semua nah sekarang saya mau mostingin tentang serai ni. tau ga rekan semua tumbuhan serai yang suka di dapur pasti tau donk seperti apa tumbuhan serai kalu pingin tau tumbuhan serai nah coba liat gambar di samping, dah lihat rekan nah kalau dah liat kita kupas tentang serai.
Tanaman Serai biasanya dipakai untuk bumbu masakan, selain untuk bumbu masak Detai juga berkhasiat untuk obat lo...
Jika diamati sekilas, tanaman serai mirip alang-alang. bedanya, rumpun serai lebih besar dan tumbuhnya selalu bergerombol. Daun serai bentuknya pipih, lurus, tulang daunnya sejajar, tapi daunnya tajam dan permukaannya kasar. sering kali bagian permukaan dalam berwarna merah. perakaran Serai sangat kuatdan dalam. serai mempunyai tempat yang dekat dengan air sehingga kita sering menemukan serai tumbuh liardi tepi sungai atau saluran irigasi. untuk memperbanyak serai dapat dilakukan dengan potongan rimpangnya atau dengan cara memisahkan bagian rumpunnya dan menanamnya.
Akar Serai dapat digunakan sebagai obat batuk dan penghangat badan. daun serai dapat menambah nafsu makan, penurun panas dan pereda kejang. serai juga dapat di manfaatkan untuk mengatasi nyeri atau ngilu dan pegal-pegal pada badan.
Bagaimana cara membuatnya ? nah sekarang kita kupas ya.
Untuk penghangat badan, ambilah 5 gram akar serai yang segar, lalu bersihkan. rebuslah akar serai dengan 1 gelas air selama 15 menit. setelah itu, minumlah 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas setiap pagi da sore.
Jika badan pegal-pegal, ramuan berikut ini dapat rekan semua coba. siapkan 600 gram batang serai segar dengan akarnya, lalu rebuslah. Air rebusan yang masih hangat di gunakan untuk mandi.
Untuk mengatasi Batuk, ambillah 600 gram serai dan keringkan, setelah itu, rebuslah dengan air secukupnya. minumlah air rebusan serai secara teratur.
untuk mengatasi ngilu atau nyeri, ambilah minyak serai dan gosokan pada bagian yang sakit. cara lain untuk mengatasi ngilu, rebuslah batang serai segar dengan sedikit air, air rebusannya dioleskan pada persendian yang sakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........

Get paid To Promote at any Location