Juni 14, 2010

pengertian kepemimpinan

Pada Malam Ini saya akan menjelaskan Pengertian Kepemimpinan
Keberhasilan dan kegagalan pencapaian tujuan organisasi dalam suatu organisasi sangat bergantung pada faktor kepemimpinan. Untuk itu, dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan kegiatan orang untuk mempengaruhi orang lain dalam suatu organisasi baik organisasi swasta maupun organisasi publik. Berikut ini akan diberikan beberapa pengertian atau definisi dari kepemimpinan yang dikemukakan oleh beberapa ahli dan penulis Menurut Mulia Nasution (2000 : 224) mengemukakan bahwa :


“Kepemimpinan adalah suatu usaha untuk mempengaruhi orang per orang, lewat komunikasi untuk dapat mencapai satu atau beberapa tujuan”.
Menurut Malayu SP. Hasibuan (2000 : 167) mengemukakan bahwa :
“Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan atau pegawainya, agar mau bekerja secara produktif untuk mencapai hasil yang maksimal agar tujuan organisasi tercapai”.

Defisini kepemimpinan menurut Joseph C. Rost (1993) yang dikutip Triantoro Safaria (2004 : 3) mengemukakan kepemimpinan adalah :



“Sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pimpinan dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata di organisasi yang mencerminkan tujuan bersama”
.

Tetapi salah satu titik tolak dalam merumuskan definisi kepemimpinan dapat berangkat dari pendekatan yang bersifat perilaku. Berdasarkan pendekatan yang bersifat perilku tersebut Wahyusumidjo (2003 : 26) mengemukakan definisi kepemimpinan adalah :
“Kepemimpinan adalah seseorang mempengaruhi perilaku orang lain untuk berpikir dan berprilaku dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan organisasi dalam situasi tertentu”.

Dari beberapa definisi kepemimpinan seperti yang dikemukakan di atas, dapat ditarik suatu kesimpulan tentang definisi kepemimpinan, yaitu kepemimpinan adalah suatu Kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang (pemimpin) dalam upaya mempengaruhi orang lain/kelompok lain agar mau berfikir dan atau berperilaku/bertindak dan atau bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Demikianlah Pengertian Kepemimpinan menurut saya kalau menurut anda seperti apa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........

Get paid To Promote at any Location