Desember 28, 2010

IMAM SIBBAWEIH

Nama lengkap Imam Sibaweih adalah Amr bin Utsman Al-Farisy. Beliau lahir didaerah Syiraz Persia (Iran) Pada Tahun 14 H. Beliau terkenal dengan sebutan Sibaweh (Siba = Apel, Weih = Aroma) Karena Aroma tubuhnya sangat harum seharum buah apel.
Imam Sibaweih sebagai Imam Besar bukan hanya ahli dalam bidang Nahwu, namun berbagai macam ilmu beliau kuasai. Karena kesempurnaannya itulah beliau disegani oleh ulama-ulama yang lain. Kemampuannya yang tak tertandingi di buktikan dengan tidak adanya satu ulama pun yang mampu mengarang kitab yang sepadan dengan kitab beliau yang akhirnya dibuat sevagai sandaran untuk mengarang kitab oleh para ulama. Imam Zamahsyzri Memuji beliau dalam Syairnya :

الاصلي الاله صلاة صدق # على عمروبن عثمان بن قنبر
فان كتبه لم يغن عنه # بنو قلم ولا ابناء منبر

"Semoga karunia dan kebenaran selalu terlimpahkan kepada Amr bin Ustman Bin Qombar karean kitab beliau yang belum pernah tertandingi oleh hasil karya dan orator Nahwu Mana pun".

Beliau tekun belajar Ilmu Nahwu bermula sewaktu beliau salah membaca hadits di depan seorang ulama ahli hadits yang kemudian berkata kepada beliau : " seandainya engkau memperbaiki bacaanmu niscaya engkau akan mendapatkan sbuah kehormatan".
Guru-guru yang pernah beliau timba ilmunya adalah Imam Akhfasy Al-Kabir, Yunus bin Habib, Isa bin Aus, Disamping Imam Kholil sebagai guru beliau yang paling terkenal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........

Get paid To Promote at any Location