Desember 07, 2010

Komponen Pembelajaran

Komponen Pembelajaran merupakan hal penting dalam mendidik siswa didik untuk mencapai kesuksesan.
Ada empat komponen utama dalam kegiatan pembelajaran (perhatikan bagan pada bagian akhir makalah ini), yaitu:
  1. Hasil belajar (Expected Output) menunjukkan kepada tingkat kualifikasi ukuran baku (Standaring Norms) menjadi sasaran sekaligus tujuan yang mesti dicapai melalui berbagai kegiatan pengalaman siswa secara utuh, menyeluruh dan terpadu. Hasil belajar yang efektif tidak hanya menekankan pada salah satu dari ketiga orientasi hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor), melainkan keseimbangan dalam pengembangan -nya secara proporsional.
  2. Karakteristik siswa (Raw Input) merupakkan dasar dan landasan dalam pengembangan kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran akan efektif apabila mengacu pada karakteristik siswa, terutama berkenaan dengan potensi dasar yang dimilikinya. Di samping itu berkenaan dengan aspek-aspek individual dan kepribadian, baik bersifat fisiologis maupun psikologis.
  3. Sarana Prasarana (Instrumental Input) merupakan kelengkapan dari fasilitas yang diperlukan dalam memberikan sejumlah pengalaman belajar kepada para siswa, baik hal-hal yang bersifat teoritis, teknis maupun hal lainnya yang bersifat praktis.
  4. Lingkungan (enverionmental Input) menunjukkan pada situasi dan keadaan fisik, lingkungan sosial dan budaya yang mengitari tempat berlangsungnya proses pembelajaran, baik aspek lingkungan yang bersifat aktif maupun aktif. Dalam pengembangan pengalaman belajar, lingkungan sekaligus merupakan sumber bagi kegiatan belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........