Desember 07, 2010

Prinsip Pembelajaran

Beberapa prinsip pembelajaran yang dikembangkan dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) guna menunjang hasil belajar yang efektif dan efisien adalah:
  1. Kesempatan belajar, yaitu kegiatan pembelajaran perlu menjamin pengalaman siswa untuk secara langsung mengamati dan mengalami proses, produk, keterampilan, dan nilai yang diharapkan.
  2. Pengetahuan awal siswa, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang dikaitkan dengan pengetahuan awal siswa yang disesuaikan dengan keterampilan dan nilai yang dimiliki siswa sambil memperluas dan menunjukkan keterbukaan pada cara pandang dan cara tindak sehari-hari.
  3. Refleksi, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar bermakna yang mampu mendorong tiundakan (aksi) dan renungan (refleksi) pada setiap siswa.
  4. Motivasi, kegiatan pembelajaran harus mampu menyediakan pengalaman belajar yang memberi motovasi dan kejelasan tujuan.
  5. Keragaman Individu, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang yang berkaitan dengan karakteristik siswa yang relatif berbeda
  6. Kemandirian dan Kerjasama, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang mendorong siswa untuk belajar mandiri, maupun melalui kerjasama.
  7. Suasana yang mendukung, sekolah dan kelas perlu diatur lebih aman dan lebih kondusif untuk menciptakan sistuasi supaya siswa belajar efektif.
  8. Belajar untuk kebersamaan, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang mendorong siswa untuk memiliki simpati, empati, dan toleransi pada orang lain.
  9. Siswa sebagai pembangun gagasan, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang mengakomodasi pandangan bahwa pembangun gagasan adalah siswa, sedangkan guru hanya sebagai penyedia kondisi supaya peristiwa belajar berlangsung.
  10. Rasa ingin tahu, kreativitas, dan ketuhanan, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang memupuk rasa ingin tahu, mendorong kreativitas, dan selalu mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
  11. Menyenangkan, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang menyenagkan siswa.
  12. Interaksi dan komunikasi, kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang meyakinkan siswa terlibat secara aktif secara mental, fisik, sosial.
  13. Belajar cara belajar , kegiatan pembelajaran perlu menyediakan pengalaman belajar yang memuat keterampilan belajar, sehingga siswa trampil belajar bagaimana belajar (learn to learn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........