Desember 23, 2010

Pembelajaran Bermakna

pembelajaran bermaknaPembelajaran bermakna merupakan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegunaan pengalaman belajar bagi kehidupan nyata siswa. Dalam hal ini guru dituntut mampu meyakinkan secara realistik suatu pengalaman belajar secara aktif dan dapat memotivasi belajar yang tinggi kepada siswa.
Menurut Puskur Depdiknas(Sukmara, 2007) tahapan-tahapannya adalah seperti berikut:

a)Pemanasan-Apersepsi
Pada wal kegiatan pembelajaran guru harus memperhatikan hal-hal berikut:
(1)Pelajaran dimulai dengan hal-hal yang diketahui dan dipahami siswa
(2)Motivasi siswa ditumbuhkan dengan bahan ajar yang menarik dan berguna
(3)Siswa didorong untuk mengetahui hal-hal yang baru.

b)Eksplorasi
Pengembangan sejumlah pengalaman belajar hendaknya memperhatikan:
(1)Keterampilan baru yang diperkenalkan
(2)Kaitan materi/pengalaman belajar dengan pengetahuan yang sudah ada pada siswa.
(3)Pilih metodologi yang paling tepat dalam meningkatkan daya serap siswa terhadap pengalaman baru yang disajikan.

c)Konsolidasi Pembelajaran
Pemantapan pengalaman belajar siswa dapat dilakaukan dengan:
(1)Melibatkan siswa secara aktif dalam menafsirkan dan memahami pengalaman atau materi baru.
(2)Melibatkan siswa secara aktif dalam pemecahan masalah.
(3)Menekankan pada kaitan struktural, yaitu kaitan antara materi pengalaman baru dengan berbagai aspek kegiatan dan kehidupan di dalam liungkungan
(4)Pilih metoodologi yang tepat sehingga pengalaman baru dapat terproses menjadi bagian dari kehidupan siswa sehari-hari

d)Pembentukan Sikap dan Prilaku
Proses internalisasi suatu pengalaman baru dapat dilakukan dengan:
(1)Mendorong siswa menerapkan konsep atau pengertian baru yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
(2)Membangun sikap dan prilaku baru dalam kehidupan siswa sehari-hari berdasarkan pengalaman belajarnya
(3)Pilih metodologi yang tepat agar terjadi perubahan pada sikap dan prilaku siswa menuju perubahan yang lebih

e)Penilaian Formatif
Untuk menentukan efektivitas serta keberhasilan proses pembelajaran dapat dilakukan hal-hal berikut:
(1)Kembangkan cara-cara menilai hasil pembelajaran siswa secara variatif
(2)Gunakan hasil penilaian tersebut untuk melihat kelemahan atau kekurangan dan masalah-masalah yang dihadapi baik oleh siswa maupun guru
(3)Pilih metodologi penilaian yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan yang mesti dicapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar disini
KOmentar sobat semua sangat berarti buatku.........

Get paid To Promote at any Location